Tuesday, 10 July 2012

Membuat Animasi Handphone


By on 22:10

Selamat Malam semuanya..!
Kali ini saya share deh tetntang cara membuat animasi handphone.
memang ga sedikit yang udah bisa, bahkan sudah pandai menggunakan software pembuat animasi 3D
tapi kali ini saya akan memberi sedikit informasi tentang cara membuat animasi hanphone dari sebuah software gratis yang diberi nama photoscape? sudahkah kalian punya semuanya?
Baiklah kita siapkan.
Pertama, Bukalah softwarenya.
Kemudian, langkah yang harus disiapkan adalah, sebuah kanvas kecil yang sebelumnya telah diatur sedemikian rupa, sehingga pada saat kalian pasang di handphone akan cocok/sesuai dengan lebar layar.
Untuk membuatnya cukup pilih aja foto yang ada, kemudian blok semuanya dengan warna putih pada objek, lalu klik Photo + objects. dan save as, seperti nampak berikut













Ingat, pada saat menyimpan di option save as, ganti nama file nya agar yang asli tidak hilang.
Setelah itu, buat objek yang akan kita buat, misalnya kita buat animasi nama sendiri.
Sederhanaya, kita gunakan teks saja dulu untuk belajar.
Kita akan membuat animasi nama kita yang menampilkan satu per satu abjadnya.
Pertama, klik editor tepat diatas, kemudian pilih/ ambilah kanvas kosong tadi yang disimpan.
mulai kita tuliskan awal nama kita, pada objects klik ikon T. terserah mau T yang mana, karena ada 2 ikon disitu, yang pertama teks biasa, dan kedua yang lebih kaya formatnya.
misal, tulislah sebuah huruf "A", kemudian klik save, pilih save as beri nama file misal: Teks1.
lalu edit lagi huruf "A"nya dengan cara menklik 2 kali, dan tambahkan huruf lainya, misal "H". lalu savedan beri nama teks2. dan begitu seterusnya.

setelah semua huruf-huruf dibuat, masuk ke tab Animated Gif/ Gif Animasi, lalu cari file yang kamu buat tadi. jika kamu tadi menyimpan dengan nama berurutan "teks1,teks2,teks3, dst" maka kamu tinggal mem-blok filenya, kemudian drag sekaligus, maka file akan teranimasi otomatis dengan slide-slidenya.
Ganti efek slide/pergeseran gambar 1 ke gambar lain dengan memilih change effect, kita juga bisa merubah waktu perpindahanya, ukuran dan lainya.
setelah itu save animasinya. dan lihat hasilnya.
Pindahkan ke handphone menggunakan USB atau Nikrabel bluetooth (hampir semua jenis Handphone telah didukung dengan alat ini).
dan silahkan gunakan sebagai wallpaper, screen saver , phone caller, dan bahkan kartu ucapan seperti animasi selamat ulang tahun dan selamat hari raya idul fitri.
Animasi ini disebut sebagai animasi Gif Stop Motion.
Berikut Contoh animasi yang telah saya buat:

ini saya gunakan sebagai wallpaper di handphone samsung saya..
bagus kan.
biarpun softwarenya sederhana, tapi hasilnya cukup deh buat para pemula.
karena biasanya yang saya lihat di profil facebook mereka, hanya editan effect saja.
blur dan sharp doang... :)



Sekian dulu ya? Saya mau lanjut facebookan... :D

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Post a Comment

Selamat datang di matinjoy.blogspot.com, saya sangat berterimakasih atas kunjungan Anda di blog ini.
Jangan lewatkan kesempatan Anda untuk berkomentar pada postingan yang sedang Anda baca. Pastikan Anda berkomentar yang relevan dengan Judul posting.
Saya membenci Spam. Jadi, berkomentarlah sewajarnya